Categories
Jadwal Adzan Jadwal Imsak Buka Puasa Jadwal Sholat

Waktu Adzan Subuh Raja Ampat Hari Ini Sesuai Kementerian Agama

Selamat Datang Di www.ummatanwasatan.net Waktu Adzan Subuh di Raja Ampat hari ini. Jadwal Sholat Adzan Imsak Menurut Kementerian Agama. Silahkan simak waktu Adzan Subuh dibawah ini.

Shalat merupakan suatu ibadah yang harus dikerjakan oleh umat Muslim di seluruh dunia. Shalat sendiri ada 2 jenis, yaitu Shalat fardhu dan Shalat sunnah.

Jadwal Shalat Adzan hari ini Imsakiyah Buka Puasa Hari Ini Wilayah Raja Ampat

 

Shalat fardhu ialah Sholat yang harus dilaksanakan, bila dikerjakan mendapatkan pahala SANGAT BESAR dan apabila meninggalkannya akan memperoleh DOSA YANG SANGAT BESAR.

Sedangkan Shalat Sunnah adalah Shalat yang dikerjakan akan mendapatkan pahala yang BESAR dan bila ditinggalkan tidak memperoleh dosa (meski RUGI BESAR apabila tidak mengerjakannya).

Oleh karena hukum mengerjakan ibadah Shalat fardhu adalah WAJIB Tidak Boleh Ditinggalkan, maka Anda harus mengetahui waktu adzan agar bisa Shalat tepat waktu sesuai tempat anda sekarang ini.

Waktu Sholat Adzan Imsak Buka Puasa Hari Ini Wilayah Raja Ampat.

Tentu dalam melaksanakan sholat terdapat hal-hal yang wajib anda wajib mengetahuinya seperti berikut :


Hadist Keutamaan Sholat Tepat Waktu.

Bagi anda seorang pemeluk agama Islam diwajibkan melaksanakan sholat di awal waktu. Dengan menjalankan ibadah sholat di awal waktu maka menunjukkan afdholiyah atau keutamaan.

Seperti salah 1 hadits menyatakan tentang keutamaan sholat di awal waktu seperti berikut :
Dari Ummu Farwah, Beliau berkata,

Rasulullah shollAllahu ‘alaihi wa salam pernah ditanya tentang jenis amalan apakah yang paling afdhol. Kemudian Nabi Muhammad SAW menjawab bahwa amalan yang paling afdhol adalah sholat di awal waktunya”. (HR. Abu Daud No. 426. Syaikh Al Albani mengatakan hadits ini merupakan hadits shahih).


Dari hadits diatas sudah jelas jika Nabi Muhammad SAW menekankan agar umatnya bisa mengerjakan ibadah shalat 5 waktu secara tepat waktu, sehingga dapat memperoleh keutamaannya.


Hadist Tentang Keutamaan Sholat Berjamaah.

Hadist selanjutnya adalah tentang keutamaan shalat berjamaah. Pahala orang yang melaksanakan ibadah shalat  berjamaah dibandingkan dengan yang mengerjakan ibadah sholat sendirian ialah 27 derajat, sehingga pahalanya lebih utama menjalankan ibadah shalat secara berjamaah.

Dari Anas radhiyallahu ‘anhu bahwasanya Rasulullah suatu malam mengakhiri sholat Isya sampai tengah malam.

Lalu beliau menghadap ke arah kami setelah mengerjakan ibadah sholat, kemudian bersabda :
Sholat jamaah itu lebih baik dua puluh tujuh derajat apabila dibandingkan dengan sholat sendirian”. (HR. Bukhari, No. 645 dan Muslim, No 650).

Dari Hadist tersebut bisa kita tarik kesimpulan :

  • Lebih utama mengerjakan sholat secara berjamaah daripada melaksanakan sholat secara sendirian.
  • Baik itu jumlah jamaahnya banyak ataupun sedikit maka pahalanya akan dilipatkan menjadi 27 derajat .
  • Sholat berjamaah bukan termasuk syarat sah sholat, karena shalat secara sendirian juga dianggap sah.
  • Para ulama banyak berselisih pendapat tentang hukum shalat berjamaah. Ada yang mengatakan wajib, sunnah, dan ada pula yang menyatakan sholat 5 waktu hukumnya fardhu kifayah.
  • Sedangkan pendapat dari Atha’, Al-Auza’i, Abu Tsaur, Imam Ahmad, Daud Az-Zahri, dan Ibnu Khuzaimah menyatakan bila kaum laki-laki wajib menjalankan sholat berjamaah.
  • Apabila digabungkan dengan hadits lain maka 27 derajat pahala tersebut hanya ditujukan untuk pria.

Note : Bahkan saat situasi kondisi perang sekalipun Nabi Muhammad SAW masih mewajibkan untuk sholat berjamaah untuk kaum lali-laki, kecuali jika ada udzur syar’i.

Jadwal Shalat Adzan hari ini Imsakiyah Buka Puasa Hari Ini Wilayah Raja Ampat

Waktu Adzan Subuh Raja Ampat Hari Ini Sesuai Kementerian Agama RI


Hadist Tentang Ancaman SERIUS Bagi Yang Tidak Melaksanakan Ibadah Shalat Wajib 5 Waktu.

Bagi pemeluk Islam pastinya sudah mengerti bila hukum menjalankan ibadah sholat fardhu adalah wajib & apabila tidak melaksanakannya akan memperoleh DOSA BESAR .

Sholat merupakan tiang agama, sehingga sangat penting bagi orang yang pemeluk agama Islam. Dengan melaksanakan shalat fardhu maka tingkat ketakwaan kita juga akan ikut meningkat .

Allah SWT juga sudah mengingatkan kepada umatnya jika besarnya pahala yang diperoleh dan janji kenikmatan surga akan diberikan kepada umat Islam yang menjalankan shalat dengan rutin & tidak pernah meninggalkannya.

Selain itu, Allah Ta’ala juga akan memberikan ancaman sangat SERIUS yang sangat tegas kepada umatnya yang meninggalkan sholat 5 waktu dengan sengaja.

Sedangkan Allah Ta’ala berfirman terkait dengan orang-orang durhaka.

مَا سَلَكَكُمْ فِيْ سَقَرَ ، قَالُوْا لَمْ نَكُ مِنَ المُصَلِّينَ

“Apakah yang memasukkan kamu ke dalam SAQAR (neraka) ? Mereka menjawab: “Kami dahulu tidak termasuk orang-orang yang mengerjakan shalat.” SQ. Al-Mudatsir: 42-43.

 

Dari Jabir bin ‘Abdillah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

بَيْنَ الرَّجُلِ وَبَيْنَ الشِّرْكِ وَالْكُفْرِ تَرْكُ الصَّلاَةِ

(Pembatas) antara seorang muslim dan kesyirikan serta kekafiran adalah meninggalkan shalat.” (HR. Muslim no. 257)

Dengan ini dapat disimpulkan jika orang Islam yang tidak melaksanakan ibadah sholat fardhu merupakan perbuatan yang sangat tidak disukai oleh Allah Ta’ala.


Itulah penjelasan tentang hadits keutamaan melaksanakan sholat fardhu.

Semoga informasi ini bermanfaat & bisa kita jadikan peringatan agar tidak meninggalkan sholat.

Untuk waktu Shalat dan imsak hari ini silahkan lihat tabel jadwal di bawah ini.

Secara default tabel jadwal dari kota Surabaya. Anda ganti dan pilih kota sesuai dengan kota anda sekarang.

MENCETAK / PRINT Waktu Shalat Adzan & Imsak.

Ingin mencetak jadwal sholat adzan & imsak dibawah ini ? Bisa. Anda tinggal klik print dipojok kanan bawah, sudah dapat tercetak. Pastikan terlebih dahulu komputer anda sudah terkoneksi dengan mesin printer.

Terima kasih telah berkunjung ke halaman website kami di http://ummatanwasatan.net Waktu Adzan Dhuhur Raja Ampat hari ini. Waktu Adzan shalat sesuai KEMENAG.