Categories
Surah Yasin

Surat Yasin Ayat 33-35

 

Assalamualaikum, Jazakallahu Khairan, terima kasih sudah mengunjungi website resmi kami di ummatanwasatan.net, Surat Yasin Ayat 33-35.

Membaca Al-Qur’an merupakan amalan istimewa bagi pemeluk agama Islam. Membaca Al-Qur’an bisa dikerjakan secara bersama-sama maupun sendiri.

Kegiatan membaca Al-Qur’an ini juga disebut dengan tadarus. Di antara suratan istimewa yang ada dalam kitab suci Al Qur’an salah satunya adalah surah Yasin. Anda pasti sudah kenal dengan surah yang satu ini.

Rutin membaca surat Yasin ternyata bukan hanya memperoleh pahala dari kegiatan membaca kitab suci Al-Qur’an, tetapi ada fadhilah tersendiri dengan membaca surat ini. Apa saja sih keutamaan & fadilah membaca surah Yasin ini? Berikut ini mengenal tentang surah Yasin dan empat keutamaan membaca surah Yasin yang wajib Anda mengetahuinya.

Surat Yasin Ayat 33-35. bacaan surat yasin lengkap tulisan arab latin terjemahan keutamaan fadilah 83 ayat

Surah Yasin. Surat Yasin Ayat 33-35

Surah Yasin adalah surah yang ke 36 didalam mushaf kitab suci Al Quran. Surat ini terdiri dari 83 ayat. Surah Yasin tergolong dalam surat Makkiyah karena diturunkan di kota Makkah atau sebelum Nabi Muhammad hijrah ke kota madinah.

Isi dan kandungan yang terdapat didalam surat Yasin ini sangatlah luas, meliputi keimanan, hari akhir, tanda-tanda kekuasaan Allah Yang Maha Kuasa, dan juga kisah perjuangan para syuhada dalam pendakwah Islam.

Surah Yasin termasuk surat yang memiliki keistimewaan luar biasa di antara 114 surah didalam kitab suci Al-Qur’an. Jika seseorang sudah tahu apa saja manfaat dan fadhilah rajin membaca surat Yasin, niscaya akan semakin banyak orang yang meluangkan waktunya untuk menyempatkan diri membaca surah Yasin.

Fadhilah Membaca Surah Yasin

Untuk meningkatkan semangat Anda agar merutinkan membaca surat Yasin tentunya Anda wajib mengetahui bagaimana sih keutamaan & fadilah membaca surah Yasin ini. Langsung saja berikut fadhilahrajin membaca surat Yasin yang perlu Anda tahu:
a. Diampuni Dosa-Dosanya
Keutamaan membaca surat Yasin yang pertama adalah diampuni dosa-dosanya. Hal ini diriwayatkan oleh At Thabrani dimana disebutkan bahwa seseorang yang membaca surat Yasin pada malam hari maka keesokan harinya diampuni dosanya.
Dalam sebuah hadits berbunyi seperti di bawah ini:
‘’Siapa yang membaca (surah) yasin pada malam hari dengan mengharap keridhaan Allah maka diampuni dosa-dosanya. (HR. At Thabrani dan Al Bayhaqi dari Abu Hurairah RA)’’.

b. Dipermudah Segala Urusan Dunia
Rajin membaca surah Yasin juga akan membantu kita agar dipermudah urusannya dan beragam permasalahan didalam hidup. Misal masalah pertikaian, hutang piutang, & banyak lainnya.
“Barang siapa membaca surah Yasin dari pagi hari, maka perjalanan di hari itu dipermudah dengan mendapat keberhasilan dan jika membacanya di akhir suatu hari maka tugasnya pada hari berikutnya akan dimudahkan. (Sunan Daarimi Juz 2 halaman 549)”.

c. Menenangkan Hati dan Jiwa
Membaca Al-Qur’an memang membuat hati menjadi tenang dan nyaman. Membaca kitab suci Al-Qur’an atau tadarus sama halnya dengan berdzikir. Seseorang yang memperbanyak dzikir kepada Allah azza wa jalla maka hatinya akan tenang.
Seperti itulah ketenangan yang akan Anda dapatkan bila dengan rutin membaca surah Yasin atau surah lainnya dalamAl-Qur’an, Allah berfirman dalam surah Ar-Raad ayat 28 yang artinya;
“(Yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka akan menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah Allah, hanya dengan mengingat Allah maka hati akan menjadi tenteram. (Q.S Ar Raad ayat 28)”.

d. Menghindarkan Diri dari Siksa Kubur Teramat Dahsyat
Anda pasti pernah mendengarnya, setelah kematian manusia akan berada di alam kubur. Di alam kubur sendiri terdapat nikmat kubur dan azab kubur. Dan di antara dua pilihan itu, semua orang pasti akan pilih untuk mendapatkan nikmat kubur.
Jika kita tahu bagaimana sakitnya siksa kubur, hanya sekedar mendengarkannya saja pasti sudah membuat ngeri setengah mati. Keutamaan membaca surat Yasin yang selanjutnya adalah akan menyelamatkanAnda dari siksa kubur yang sangat ngeri.

Surat Yasin Ayat 33-35. bacaan surat yasin lengkap tulisan arab latin terjemahan keutamaan fadilah 83 ayat

Itulah beberapa faedah dan keutamaan membiasakan membaca surat Yasin yang harus Anda ketahui. Setelah mengetahui informasi tersebut, bagaimana perasaan Anda saat ini? Semakin bersemangat untuk meningkatkan taqwa kepada SWT kan? Terutama lebih sering lagi membaca kitab suci Al Qur’an.

Note:

Banyak ulama memiliki pendapat bahwa hadits-hadits tentang surat Yasin seperti waktu yang baik untuk membacanya pada hari jumat, serta fadhilah-fadhilahnya kedudukannya adalah Dhaif (hadits lemah) bahkan hadits palsu (maudhu’). Ada banyak faktor yang menjadi alasannya.

Tetapi satu hal yang PASTI!!! Membaca Al Qur’an tetap mendapatkan pahala yang LUAR BIASA BESAR dari ALLAH dan jaminan SURGA bagi yang mengamalkan membaca kitab suci Al Qur’an setiap hari saat pagi dan petang.

Dari Abdullah bin Amr radhiyallahu ‘anhuma, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

يُقَالُ لِصَاحِبِ الْقُرْآنِ اقْرَأْ وَارْتَقِ وَرَتِّلْ كَمَا كُنْتَ تُرَتِّلُ فِى الدُّنْيَا فَإِنَّ مَنْزِلَكَ عِنْدَ آخِرِ آيَةٍ تَقْرَؤُهَا

Ditawarkan kepada penghafal al-Quran, “Baca dan naiklah ke tingkat berikutnya. Baca dengan tartil sebagaimana dulu kamu mentartilkan al-Quran ketika di dunia. Karena kedudukanmu di surga setingkat dengan banyaknya ayat yang kamu hafal.” (HR. Abu Daud 1466, Turmudzi 3162 dan dishahihkan al-Albani).

Anda juga dapat membaca ayat / surat Al Quran lainnya seperti surat Al-Baqarah, surat Al Kahfi, surat Al Imran, surat Yunus, dan masih banyak surah-surah lainnya.

Wallahu A’lam Bisshowab

Bacaan Surah Yasin Lengkap Dengan Tulisan Arab Latin Dan Terjemahan Ke Bahasa Indonesia

Anda dapat kunjungi 👉 di halaman disini bacaan surat Yasin full dengan tulisan arab latin dan terjemahan ke bahasa Indonesia.

Doa Sesudah Membaca Surat Yasin

Setelah membaca surah Yasin kebiasaan warga muslim di Indonesia adalah membaca doa seusai membaca surat Yasin.

Berikut ini doa Doa sesudah membaca Surah Yasin. Silahkan anda kunjungi 👉 halaman disini

Video Youtube Surat Yasin Merdu Muzammil Hasballah

Jazakallahu Khairan, terima kasih anda telah mengunjungi website resmi kami di https:ummatanwasatan.net, Surat Yasin Ayat 33-35.