Categories
Doa Dzikir pagi sore Iftitah

Surat Al Matsurat Pagi

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, Jazakallahu Khairan, terima kasih sudah berkunjung ke web resmi kami di Ummatan Wasatan, Surat Al Matsurat Pagi.

Bacaan Dzikir Pagi Sore Sesuai Ajaran Nabi Muhammad SAW. Surat Al Matsurat Pagi

Surat Al Matsurat Pagi. Bacaan Dzikir Pagi  Sore  Sesuai Anjuran Rasulullah SAW

Islam merupakan agama yang tidak merepotkan umatnya, bahkan Islam selalu memberi kemudahan dan kemurahan bagi umatnya.

Seperti yang pernah dikatakan Nabi Muhammad, bahwa ada salah satu amalan yang bila dilaksanakan, maka pahalanya yang BESAR yang sangat dianjurkan yaitu Dzikir.

Dzikir yang dalam artian mengingat Allah Subhanahu wa Ta’ala adalah ibadah yang sangat mudah dilaksanakan & dapat dikerjakan kapan pun akan tetapi bernilai sangat besar di hadapan Allah SWT.

Dari Anas bin Malik ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda:

“Aku duduk bersama orang-orang berdzikir kepada Allah dari mulai shalat Shubuh sampai terbit matahari lebih aku sukai dari memerdekakan empat orang budak dari anak Isma’il. Dan aku duduk bersama orang-orang yang berdzikir kepada Allah dari mulai shalat ‘Ashar sampai terbenam matahari lebih aku cintai dari memerdekakan empat orang budak.” (HR. Abu Dawud No. 3667)

Dari hadist di atas menjelaskan bagaimana Rasulullah SAW sangat menganjurkan umatnya untuk dzikir pagi & petang hari.

Anjuran ini juga difirmankan Allah SWT dalam Al Quran.

Hai orang-orang yang beriman, berdzikirlah (dengan menyebut Nama) Allah dzikir sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya di waktu pagi dan petang.” (QS. AL-Ahzab: 41-42)

Juga ada di dalam Qur’an surat Al-Mu’min ayat 55.

Maka bersabarlah kamu, karena sesungguhnya janji Allah itu benar, dan mohonlah ampunan untuk dosamu dan bertasbihlah seraya memuji Rabb-mu pada waktu petang dan pagi.”

Allah SWT pun berfirman didalam Al-Quran surat Qaaf ayat 39 yang artinya:

Maka bersabarlah kamu terhadap apa yang mereka katakan dan bertasbihlah sambil memuji Rabb-mu sebelum terbit matahari dan sebelum terbenam(nya).

Dzikir Di WaktuPada Waktu Pagi Hari

Sebagai umat Islam yang ingin memulai mendawamkan dzikir  waktu Pagi , sebetulnya ada banyak bacaan dzikir yang bisa diamalkan.

Berikut ini adalah macam dzikir diantaranya:

  1. Membaca Surah Ayat Kursi

Anda bisa membaca surat ayat kursi 1 kali setiap pagi. Fadhillah dari membaca ayat kursi adalah kita akan dilindungi Allah Azza wa jalla dari berbagai macam gangguan dari waktu petang sampai pagi hari.

Sementara jika Anda membaca Ayat Kursi saat pagi hari maka akan dilindungi sampai petang hari.

  1. Membaca Surat Al Ikhlas, Al Falaq, An Naas

Ketiga surat pendek ini bisa Anda baca masing-masing tiga kali. Fadhillah dari membaca surat-surat ini adalah, segala sesuatu akan dicukupkan bagi yang mengerjakannya.

  1. Membaca Sayyidul Istighfar

Sayyidul isighfar adalah sebaik-baiknya istighfar. Lafadznya adalah sebagai berikut:

للَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ، خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ، وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ

Allahumma anta robbii laa ilaha illa anta, kholaqtanii wa anaa ‘abduka wa anaa ‘ala ‘ahdka wa wa’dika mas-tatho’tu. A’udzu bika min syarri maa shona’tu. Abu-u laka bi ni’matika ‘alayya wa abu-u bi dzambii. Fagh-firlii finaahu laa yagh-firudz dzunuuba ila anta.”

Artinya:

“Ya Allah, Engkau adalah Rabbku, tiada Ilah yang berhak disembah kecuali Engkau. Engkaulah yang menciptakanku. Aku adalah hamba-Mu. Aku akan setiap pada perjanjianku pada-Mu (yaitu aku mentauhidkan-Mu) semampuku dan aku yakin akan janji-Mu (berupa surge untukku). Aku berlindung kepada-Mu dari kejelekan yang kuperbua. Aku mengakui nikmat-Mu kepadaku dan aku mengakui dosaku. Oleh karena itu, ampunilah aku. Sesungguhnya tiada yang mengampuni dosa kecuali Engkau.”

Selain tiga bacaan dzikir di atas, Anda juga bisa melanjutkan dengan membaca bacaan lain seperti, Subhanallah, Alhamdulillah, Allahu akbar, Laa illaha ilallah dan lainnya yang memiliki PAHALA yang SANGAT BESAR. Kita amalkan berdzikir dengan membaca bacaan dzikir sebanyak mungkin.

1.

سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ للهِ، وَلاَ إِلَهَ إِلاَّ الله، وَاللهُ أَكْبَرُ

(Subhanallah wal hamdulillah wa laailaaha illallah wallahu akbar)

Artinya: “Maha Suci Allah, segala puji bagi Allah, tiada tuhan selain Allah, Allah maha besar.”

2.

سُبْحَانَ اللَّهِ وَبِحَمْدِهِ سُبْحَانَ اللَّهِ الْعَظِيمِ

Subhaanallaahi wabihamdihi, subhaanallaahil ‘azhiim

Maha Suci Allah dan segala puji untuk-Nya, Maha Suci Allah Yang Maha Agung

3.

لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ العَلِيِّ العَظِيْمِ

Lā haula wa lā quwwata illā billāhil ‘aliyyil azhīmi

Artinya, “Tiada daya dan upaya kecuali dengan kekuatan Allah yang maha tinggi lagi maha agung.”

4.

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلٰى مُحَمَّدٍ

“Allahumma Sholli ‘Ala Muhammad”

Artinya: “Ya Allah, berilah Shalawat kepada Muhammad”

Dzikir Petang

Rasulullah juga sangat menganjurkan kepada umatnya untuk selalu berdzikir pada petang hari dengan beberapa lafadz dzikir.

Bacaan utama yang dapat Anda baca contohnya ayat kursi,surat Al Ikhlas, Al Falaq, An Naas, &dan sayyidul istighfar pada waktu pagi hari.

Anda dapat melanjutkan dzikir dengan bacaan berikut ini;

  1. Dzikir Petang Satu

أَمْسَيْنَا وَأَمْسَى الْمُلْكُ للهِ، وَالْحَمْدُ للهِ، لَا إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ، وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ، رَبِّ أَسْأَلُكَ خَيْرَ مَا فِي هَذِهِ اللَّيْلَةِ وَخَيْرَ مَا بَعْدَهَا، وَأَعُوذُبِكَ مِنْ شَرِّ مَا فِي هَذِهِ اللَّيْلَةِ وَشَرِّ مَا بَعْدَهَا، رَبِّ أَعُوذُبِكَ مِنَ الْكَسَلِ وَسُوءِ الْكِبَرِ، رَبِّ أَعُوذُبِكَ مِنْ عَذَابٍ فِي النَّارِ وَعَذَابٍ فِي الْقَبْرِ

“Amsaynaa wa amsal mulku lillah walhamdulillah, laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lah, lahul mulku walahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai-in qodir. Robbi as-aluka khoiro maa fii hadzihil lailah wa khoiro maa ba’dahaa, wa a’udzu bika min syarri maa fii hadzihil lailah wa syarri maa ba’dahaa. Robbi a’udzu bika minal kasali wa suu-il kibar. Robbi a’udzu bika min ‘adzabin fin naari wa ‘adzabin fil qobri.”
Artinya:

Kami telah memasuki waktu petang dan kerajaan hanya milik Allah, segala puji bagi Allah. Tidak ada ilah (yang berhak disembah) kecuali Allah semata, tiada sekutu bagi-Nya. Milik Allah kerajaan dan bagi-Nya pujian. Dia-lah Yang Mahakuasa atas segala sesuatu. Wahai Rabbku, aku mohon kepada-Mu kebaikan di mala mini dan kebaikan sesudahnya. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan mala mini dan kejahatan sesudahnya. Wahai Rabbku, aku berlindung kepada-Mu dari kemalasan dan kejelekan di hari tua. Wahai Rabbku, aku berlindung kepada-Mu dari siksaan di neraka dan siksaan di kubur.

  1. Dzikir Petang Kedua

اللَّهُمَّ بِكَ أَمْسَيْنَا، وَبِكَ أَصْبَحْنَا،وَبِكَ نَحْيَا، وَبِكَ نَمُوتُ، وَإِلَيْكَ الْمَصِيْرُ

Allahumma bika amsaynaa wa bika ash-bahnaa wa bika nahyaa wa bika namuutu wa ilaikal mashiir”

Artinya:

“Ya Allah, dengan rahmat dan pertolongan-Mu kami memasuki waktu petang dan dengan rahmat dan pertolongan-Mu kami memasuki waktu pagi. Dengan rahmat dan pertolonganMu kami hidup dan dengan kehendakMu kami mati. Dan kepada-Mu tempat kembali (bagi semua makhluk).”

Dzikir di atas bisa anda baca satu kali atau lebih. Tentunya setiap fadhilah akan didapatkan jika kita pun meyakininya dalam hati.

Surat Al Matsurat Pagi. Bacaan Dzikir Pagi Dan Sore  Sesuai Anjuran Rasulullah

Semoga kita menjadi umat muslim yang senantiasa mendawamkan dzikir pada waktu pagi & petang setiap hari.

Terima kasih anda telah berkunjung ke halaman web resmi kami di www.ummatanwasatan.net Surat Al Matsurat Pagi.