Categories
Istikharah Sholat

Sebutkan Tujuan Melaksanakan Salat Istikharah

Assalamualaikum wr wb, Jazakallahu Khairan, terima kasih anda sudah berkunjung ke halaman web resmi kami di www.ummatanwasatan.net, Sebutkan Tujuan Melaksanakan Salat Istikharah.

Salat Istiqoroh: Tata Cara, Niat, Do’a & Waktu Pengerjaanya✅ Sebutkan Tujuan Melaksanakan Salat Istikharah ✅⭐.  Tata Cara Salat Istikhoroh. Niat Doa Waktu Yang Tepat Salat Istikharah

Salat Istikhoroh adalah salah satu Solat sunnah yang dianjurkan Islam untuk umat Islam yang sedang dalam kebingungan.

Dengan kata lain, Salat sunah Istikhoroh dilakukan dengan tujuan memohon petunjuk dan keberkahan dari Allah.Didalam Fiqh Empat Mazhab, Syaikh Abdurrahman Al Jauzi menerangkan, setiap umat muslim disunnahkan untuk mengamalkan 2 rakaat Sholat Istikharah disaat hendak menentukan sesuatu.Apalagi saat bimbang atau ragu dalam menentukan sesuatu.

Syaikh Musthafa Al Bugha & Fiqh Manhaji menjelaskan bila Solat Istikhoroh hanya boleh dilaksanakan saat seorang muslim mengharapkan sesuatu hal yang dibolehkan akan tetapi ia tak tahu apakah itu baik baginya.

Namun Salat Istikhoroh tidak berlaku disaat memutuskan suatu hal yang bersifat wajib sunnah dan haram didalam Islam.

Contohnya sholat puasa shodaqoh infaq atau hal yang dalam hukum Islam seperti mencuri berzinah & lain lain.

Jika menemui keputusan ragu seperti ibadah sunnah wajib dan hal haram, tidak berlaku untuk melakukan Solat Istikharah. Langsung amalkan atau tinggalkan bila haram.

Sementara itu Sayyid Sabiq didalam Fiqh Sunnah menjelaskan jika Sholat sunnah Istikharah dikerjakan disaat umat Islam menghadapi suatu masalah dan ia bimbang pilihan mana yang terbaik baginya.

Cara Shalat Istikharah. Sebutkan Tujuan Melaksanakan Salat Istikharah

Sayyid Sabiq menjelaskan jika pelaksanaan Shalat Istiqoroh dapat berupa Shalat sunnah apa saja.

Bisa berupa Salat sunnah rawatib, Salat sunnah tahiyatul masjid dan sholat sunnah lainnya, yang terpenting adalah Shalat sunnah dua rakaat dan ia berdo’a pada Allah dengan do’a Istikhoroh.

Hal ini sudah dijelaskan didalam sebuah hadits Bukhari yang artinya:

Dari Jabir bin Abdullah radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata, Rasulullah mengajarkan kami cara mengerjakan Salat Istikharah dalam setiap masalah.

Sebagaimana beliau mengajarkan kami Surat Kitab Suci Al-Qur’an. Beliau bersabda: “Jika salah seorang di antara kalian hendak melakukan sesuatu, hendaklah terlebih dahulu mengerjakan Sholat dua rakaat selain Sholat fardlu, lalu berDo’a: Ya Allah, sesungguhnya aku memohon pilihan kepada-Mu dengan ilmu-Mu… (& seterusnya)…”

Do’a tersebut bisa Anda panjatkan Sesudah mengamalkan Shalat. Berikut ini tata cara Salat Istiqoroh:

– Niat Sholat Istiqoroh
– Takbiratul ihram & diikuti dengan doa Iftitah
– Membaca surah Al-Fatihah
– Membaca surat didalam Al-Qur’an, disarankan surat Al Kafirun
– Ruku’ dengan tuma’ninah
– I’tidak dengan tuma’ninah
– Sujud dengan tuma’ninah
– Duduk diantara dua sujud dengan tuma’ninah
– Sujud kedua dengan tuma’ninah
– Kembali berdiri & menunaikan rakaat kedua
– Membaca surat Al Fatihah
– Membaca surat didalam Kitab Suci Al Qur’an, disarankan surah Al Ikhlas
– Ruku’ dengan tuma’ninah
– I’tidal dengan tuma’ninah
– Sujud dengan tuma’ninah
– Duduk diantara dua sujud dengan tuma’ninah
– Sujud kedua dengan tuma’ninah
– Tahiyat akhir dengan tuma’ninah

Sesudah kemudian dilanjutkan dengan membaca do’a Solat Istiqoroh yang sebelumnya dimulai dengan shalawat Nabi dan diakhiri dengan bacaan hamdalah.

Niat Sholat Istikharah

Semua ulama sepakat jika niat tempatnya di dalam hati. “Untuk keabsahan Shalat, niat harus diiringi dengan takbiratul ihram” jelas Syaikh Mushtafa Al Bugha dalam Fiqih Manhaji.

“Caranya hati harus awas bahwa akan mengerjakan Salat ketika melafadzkan takbir, sembari mengingat Salat apa dan fardhlu atau sunnah. Dalam hal ini tidak disyaratkan melafadzkan iat secara lisan.”

Jika Anda ingin mengerjakan Sholat khusus dengan niat Istiqoroh, Anda perlu melafadzkan niat Solat Istikhoroh berikut:

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الاِسْتِخَارَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

(Ushollii sunnatal istikhooroti rok’ataini lillaahi ta’aalaa)

Artinya: aku niat Salat sunnah Istikharah 2 rakaat karena Allah Ta’ala.

Do’a Solat Istikhoroh

Sesudah mengucapkan niat dalam hati kemudian mengikuti tata cara Solat Istikhoroh seperti penjelasan seperti di atas.

✅ Sebutkan Tujuan Melaksanakan Salat Istikharah ✅⭐.  Cara Salat Istikharah. Niat Doa Waktu Yang Tepat Sholat Istikharah

Selanjutnya kita dianjurkan membaca do’a Istikharah seperti di bawah ini.

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْتَخِيرُكَ بِعِلْمِكَ وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ ، وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيمِ ، فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلاَ أَقْدِرُ وَتَعْلَمُ وَلاَ أَعْلَمُ وَأَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوبِ

اللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الأَمْرَ خَيْرٌ لِى فِى دِينِى وَمَعَاشِى وَعَاقِبَةِ أَمْرِى فَاقْدُرْهُ لِى وَيَسِّرْهُ لِى ثُمَّ بَارِكْ لِى فِيهِ

وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الأَمْرَ شَرٌّ لِى فِى دِينِى وَمَعَاشِى وَعَاقِبَةِ أَمْرِى فَاصْرِفْهُ عَنِّى وَاصْرِفْنِى عَنْهُ ، وَاقْدُرْ لِى الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ أَرْضِنِى

(Alloohumma innii astakhiiruka bi’ilmika wa astaqdiruka biqudrotik, wa as-aluka min fadhlikal adhiim, fa innaka taqdiru wa laa aqdiru wa ta’lamu wa laa a’lamu wa anta ‘alaamul ghuyuub.

Alloohumma in kunta ta’lamu anna haadzal amro khoirun lii fii diinii wa ma’aasyii wa ‘aaqibati amrii faqdurhu lii wayassirhu lii tsumma baariklii fiih.

Wa in kunta ta’lamu anna haadzal amro syarrun lii fii diinii wa ma’aasyii wa ‘aaqibati amrii fashrifhu ‘annii washrifnii ‘anhu waqdur lil khoiro haitsu kaana tsumma ardlinii.)

Yang Artinya:

Ya Allah, sesungguhnya aku memohon pilihan kepada-Mu dengan ilmu-Mu, aku memohon kekuasaan-Mu (untuk menyelesaikan urusanku) dengan kodrat-Mu, dan aku memohon kepada-Mu sebagian karunia-Mu yang agung, karena sesungguhnya Engkau Mahakuasa sedangkan aku tidak berkuasa, Engkau Mahatahu sedangkan aku tidak tahu, dan Engkau Maha Mengetahui perkara yang gaib.

Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini baik untukku, dalam agamaku, kehidupanku, & akibatnya bagiku, maka takdirkanlah & mudahkanlah urusan ini bagiku, kemudian berkahilah aku dalam urusan ini.

Dan jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini buruk untuk diriku, dalam agamaku, kehidupanku, dan akibatnya bagiku, maka jauhkanlah urusan ini dariku, & jauhkanlah aku dari urusan ini, dan takdirkanlah kebaikan untukku di mana pun, kemudian jadikanlah aku ridha menerimanya.

Waktu Mengamalkan Solat Istikharah

Seperti yang sudah dijelaskan di atas jika Shalat Istikhoroh bisa dilakukan bersamaan dengan Shalat sunnah lain.

Jadi bisa disimpulkan jika Shalat sunnah Istikhoroh bisa dikerjakan kapan saja.

Kecuali pada waktu-waktu terlarang mengerjakan Shalat yakni Setelah subuh sampai waktu Salat Dhuha, dan setelah berakhirnya waktu Shalat Dhuha sampai waktu Dzuhur serta setelah Salat Ashar sampai Shalat Maghrib.

Jazakallahu Khairan, terima kasih anda sudah berkunjung ke halaman website kami di ummatanwasatan.net, Sebutkan Tujuan Melaksanakan Salat Istikharah.