Categories
Sholat Tahajud

Hukum Tahajud Jika Tidak Tidur

Assalamualaikum, Jazakallahu Khair, terima kasih sudah mengunjungi halaman web resmi kami di www.ummatanwasatan.net, Hukum Tahajud Jika Tidak Tidur.

Umat Islam memiliki berbagai jenis sholat yang harus diamalkan untuk memperbanyak ketakwaan kepada Allah Azza Wa Jalla. Jenis Ibadah Shalat ada yang wajib , ada pula yang hukumnya sunnah. Salah satu ibadah Sholat yang hukumnya sunnah ialah sholat Tahajud. Dengan shalat Tahajud {,maka} segala masalah kita akan dipermudah oleh Allah Azza Wa Jalla.

Sebenarnya setiap sholat Sunnah memiliki banyak keutamaan dan juga manfaat yang beda-beda. Akan tetapi semua ibadah sholat Sunnah dilakukan memiliki tujuan untuk mendapatkan amal ibadah, memperoleh perlindungan, & agar permohonannya terkabulkan. Dalam artikel ini akan kami bahas tentang niat shalat tahajud, tata cara shalat Tahajud , kelebihan, manfaat, serta besarnya pahala. Berikut ulasan lengkapnya.

Bacaan Sholat Tahajud Lengkap Hukum Tahajud Jika Tidak TidurHukum Tahajud Jika Tidak Tidur Pengertian, Cara, Waktu Keutamaan Kelebihan Manfaat ibadah Sholat Tahajud

Pengertian Shalat Tahajud.

Dalam bahasa Arab Sholat Tahajud disebut dengan Sholatun Lail yang artinya Shalat malam. Jika diartikan dalam bahasa Indonesia, maka Sholat Tahajud adalah Sholat yang dilakukan pada malam hari.

Waktu Sholat Tahajud adalah pada sepertiga malam sampai menjelang subuh. Yang dimaksud sepertiga malam adalah sekitar pukul 01.00 sampai 04.00 sebelum subuh. Shalat Tahajud harus dikerjakan setelah seseorang bangun tidur pada malam hari. Akan tetapi ada pula ulama yang berpendapat jika Shalat Tahajud boleh dilakukan sebelum tidur pada malam hari.

Niat Sholat Tahajud

Untuk niat Shalat Tahajud versi mahzab Syafi’i ialah melafazkan atau mengucapkannya dengan pengucapan tertentu, untuk mahzab Hambali, Hanafi, Maliki tidak ada pengucapannya.

Bagaimana dengan niat Sholat Tahajud Rasulullah? Rasulullah, sahabat Rasulullah, Tabi’in, sendiri tidak mengucapkannya, tidak ada hadits sahih yang menerangkan lafaz niat tertentu seperti mahzab Syaf’i. 

Berikut niat Shalat Tahajud menurut mahzab Syafi’i
اُصَلِّى سُنَّةً التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

“Ushallii sunnatan tahajjudi rak’ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta’alla.”

Artinya: “Aku niat sholat sunna tahajud 2 rakaat, menghadap kiblat, karena Allah Ta’ala.”

Cara ibadah Sholat Tahajud

Sholat Tahajud merupakan Shalat Sunnah malam yang sangat dianjurkan oleh Allah Yang Maha Esa. Cara melaksanakan Shalat Tahajud sama dengan Shalat fardhu. Akan tetapi yang membedakan hanya ada pada niat Sholatnya. Untuk lebih jelasnya tentang cara Shalat Tahajud berikut bacaan & gerakannya:

Tata Cara Ibadah Sholat Tahajud Rakaat Pertama.

  • Niat Sholat Tahajud.
  • Melafalkan takbiratul ikhram.
  • Membaca doa iftitah.
  • Melafalkan Al-Fatihah.
  • Melafalkan surat pendek atau panjang dari Al-Qur’an yang kita hafal.
  • Ruku & membaca doa ruku’.
  • Melakukan i’tidal & membaca doa i’tidal.
  • Melakukan sujud yang pertama & membaca do’a sujud.
  • Melakukan duduk di antara dua sujud & membaca doa di antara dua sujud.
  • Melakukan sujud yang kedua & membaca doa sujud.
  • Berdiri kembali dan melanjutkan ke rakaat kedua Shalat Tahajud.

Tata Cara Ibadah Shalat Tahajud pada Rakaat Ke 2

  • Membaca surat Al Fatihah|Al-Fatihah}.
  • Membaca surah pendek atau panjang dari Al-Qur’an.
  • Kemudian melakukan gerakan rukuk & membaca doa rukuk.
  • Melakukan i’tidal dan membaca do’a i’tidal.
  • Melakukan gerakan sujud yang pertama dan membaca do’a sujud.
  • Kemudian melakukan duduk di antara dua sujud dan membaca do’a di antara dua sujud.
  • Melakukan sujud yang kedua dan membaca doa sujud.
  • Melakukan tahiyat akhir dan membaca do’a tahiyat akhir.
  • Melakukan salam dengan menengok ke kanan dan ke kiri.

 

Waktu Sholat Tahajud

Waktu yang tepat melaksanakan ibadah Sholat Tahajud dibagi menjadi tiga waktu yang disunahkan pada malam hari, yaitu sebagai berikut:

Waktu Sepertiga Malam Pertama

Kita bisa mengamalkan Shalat Tahajud pada waktu sepertiga malam pertama. Waktu sepertiga malam yang pertama yaitu setelah Sholat Isya sampai jam 10.30 malam. Diusahakan Anda melakukan Sholat Tahajud setelah tidur, walaupun hanya sebentar saja.

Sepertiga Malam Kedua

Berikutnya Kita bisa mengamalkan ibadah Sholat Tahajud pada sepertiga malam yang kedua. Waktu sepertiga malam yang kedua adalah antara jam 10.30 malam sampai jam 01.30 malam.

Waktu Sepertiga Malam Ketiga

Banyak ulama yang memiliki pendapat bahwa waktu sepertiga malam yang ketiga merupakan waktu yang paling utama untuk melakukan Shalat Tahajud. Tujuannya agar do’a-do’a yang dimohonkan segera dikabulkan oleh Allah SWT. Waktu sepertiga malam ketiga atau terakhir ini antara jam 01.30 sampai memasuki waktu shalat fajar Subuh.

Doa Shalat Tahajud

Setelah melaksanakan Shalat Tahajud Berikutnya Anda dianjurkan untuk membaca doa setelah Sholat Tahajud. Berikut ini do’anya anda bisa membaca lebih lengkap doa sholat Tahajud 👉 di artikel halaman ini

Hukum Tahajud Jika Tidak Tidur Pengertian, Cara, Waktu Keutamaan Kelebihan Manfaat ibadah Sholat Tahajud

Kelebihan Dan Manfaat Shalat Tahajud

Pahala Sholat Tahajud memang sangat luar biasa, sehingga berbagai permintaan akan dapat dikabulkan oleh Allah Yang Maha Esa. Berikut ini kelebihan & manfaat dari melaksanakan ibadah Sholat Tahajud:

Kedudukan yang Terpuji

Orang yang terbiasa mengerjakan ibadah Sholat Tahajud akan memperoleh kedudukan terpuji dari Allah Yang Maha Esa. Dengan kedudukan yang terpuji tersebut maka seseorang akan dicintai oleh banyak orang.

Dimudahkan Urusannya

Orang yang terbiasa mengamalkan ibadah Sholat Tahajud juga akan membuat semua masalahnya dimudahkan oleh Allah Azza Wa Jalla. Baik itu untuk masalah pekerjaan, rumah tangga, dakwah, & lain sebagainya.

Akan Diberikan Solusi Terbaik Dari Allah Azza Wa Jalla

Orang yang terbiasa mengerjakan ibadah Shalat Tahajud juga akan diberikan solusi terbaik oleh Allah Yang Maha Esa saat sedang menghadapi banyak masalah. Apabila mendapatkan urusan yang banyak maka akan diberikan jalan keluar oleh Allah Yang Maha Esa.

Mendapat Pertolongan dari Allah Yang Maha Esa

Orang yang terbiasa mengamalkan Sholat Tahajud maka akan senantiasa mendapatkan bantuan dari Allah Yang Maha Esa. Seumpama bila ada orang yang hendak mencelakai Anda maka akan diberikan pertolongan dari Allah SWT.

Demikianlah penjelasan lengkap tentang Sholat Tahajud. Semoga bisa Kita jadikan sebagai referensi saat akan mengerjakan Sholat Tahajud. Dengan terbiasa mengerjakan Sholat Tahajud maka segala urusan Anda akan dipermudah.

Jazakallahu Khair, terima kasih sudah mengunjungi website kami di http://ummatanwasatan.net, Hukum Tahajud Jika Tidak Tidur