Categories
Puasa Puasa Senin Kamis

Berapa Hari Untuk Puasa Senin Kamis

Assalamualaikum wr wb, Jazakallahu Khair, terima kasih telah mengunjungi halaman web kami di ummatanwasatan.net, Berapa Hari Untuk Puasa Senin Kamis.

Faedah & Keutamaan Melaksanakan Ibadah Puasa Senin Kamis yang Harus Anda Tahu

Mengerjakan ibadah puasa sunnah merupakan salah satu ibadah yang sangat dianjurkan bagi umat Islam.

Puasa sunnah sendiri ada beberapa jenisnya, seperti puasa Daud, puasa ayyamul bidh, puasa 6 hari bulan Syawal, Puasa Arafah.

Puasa Sunnah adalah puasa yang paling sering dikerjakan oleh umat muslim.Berapa Hari Untuk Puasa Senin Kamis. Bacaan Niat Puasa Senin Dan Kamis. Manfaat Keutamaan Doa Tata Cara Puasa senin Kamis

Anda pasti tentu sering mendengar bahkan mengerjakannya dengan ibadah puasa sunnah yang satu ini kan?

Puasa ini memiliki keutamaan & manfaat yang luar biasa banyak bagi yang sedang mengamalkannya.

Kita langsung saja, berikut ini penjelasan lengkap tentang ibadah puasa Senin Kamis.

Dimulai dari niat puasa hingga keutamaan, manfaat dan PAHALA yang LUAR BIASA yang akan diperolehnya bagi yang mengerjakannya.

Niat Puasa Senin Kamis

Pertama-tama kita HARUS berniat berpuasa HANYA UNTUK MENDAPATKAN IMBAHAN AMAL PAHALA Dari ALLAH SEMATA.

Ketika hendak menjalankannya puasa, baik itu puasa wajib maupun puasa sunnah, tentunya Anda membaca niat yang tepat kan.

KEUTAMAAN  Dan  PAHALA Puasa Senin Kamis

Faedah yang pertama & yang paling UTAMA  adalah untuk memperoleh AMAL PAHALA yang SANGAT BESAR. Adapun keutamaan & pahala menjalankan puasa Senin Kamis adalah sebagai berikut:

  • Dibukakan pintu Ar Rayyan di surga
  • Diperlihatkan amal pada hari senin dan kamis
  • Pintu surga akan dibuka pada hari Senin & Kamis

Ada sebuah Hadits yang berbunyi, “Diperlihatkan amal-amal pada setiap hari Senin dan Kamis. Maka aku ingin amalku diperlihatkan saat aku puasa. (HR. Tirmidzi, shahih lighairihi)”.

Selain memperoleh amal pahala yang sangat LUAR BIASA BESAR, Menunaikan puasa Sunnah Senin Kamis juga mempunyai manfaat luar biasa yang jarang diketahui banyak orang, terutama bagi kesehatan badan.

Bacaan Niat Puasa  Manfaat Dan Keutamannya

Seperti yang kita ketahui, melaksanakan   puasa memang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Seperti disaat Anda Melaksanakan ibadah puasa Sunnah. Puasa ini sangat bagus untuk kesehatan tubuh Anda.

Langsung saja, berikut faedah puasa Senin Kamis yang perlu Anda ketahui:

  1. Menghilangkan Lemak

Dengan Melaksanakan ibadah puasa, tentu saja akan mengikis timbunan makanan yang di dalamnya yang berisi lemak berbahaya & ikut masuk ke dalam tubuh kita.

Dengan berpuasa,  kita dapat mengontrol jumlah  makanan yang masuk ke dalam tubuh kita.

Oleh karenanya, racun-racun & lemak yang berada didalam makanan dapat berkurang juga. Selain itu, tumpukan didalam tubuh Anda juga akan berkurang secara baik.

Namun saat dalam mengerjakannya, kita tetap harus memperhatikan tata cara & anjurannya. Agar manfaat ini diperoleh, artinya memperoleh pahalanya juga mendapatkan hasil tubuh kita sehat.

  1. Menyehatkan Gigi

Tidak banyak yang mengetahui faedah ibadah puasa sunnah ini. Puasa Senin Kamis juga bagus untuk menyehatkan gigi kita lho. Dimana ketika Anda sedang berpuasa, gigi akan lebih bersih karena gigi tidak ada kegiatan melakukan mengkonsumsi makanan , yang bisa membuat gigi mengunyah dan bekerja terus-terusan.

Tetapi kita jangan lupa ya, saat selesai berbuka puasa dan setelah sahur Anda wajib menggosok gigi supaya gigi bersih dan sehat.

  1. Mengurangi Gula Darah

Manfaat puasa Senin dan Kamis yang selanjutnya adalah dapat mengurangi kadar gula darah didalam tubuh anda & menjaganya agar tetap stabil. Sebuah penelitian menjelaskan bahwa, orang yang berpuasa, lemak , tekanan darah & ukuran pinggang akan berkurang.

  1. Pengingat Diri Dari Berbuat Dosa Dan Mengobati Stress

Disaat kita melaksanakan ibadah puasa, tentu saja Anda akan menjaga diri dari perbuatan-perbuatan dosa & dimurkai Allah SWT & pikiran negatif yang tidak menyehatkan.

Sehingga Anda lebih berhati-hati dalam bertindak dan menjaga kata-kata yang keluar dari mulut.

Apabila Anda merasa akan melakukan perbuatan dosa, kita langsung ingat kalau kita sedang berpuasa.

Dan amal pahala Anda akan hangus & sia-sia berpuasa jika akan melakukan perbuatan dosa.

Dan dengan, otak kita akan lebih ringan dalam bekerja karena tidak memikirkan hal-hal yang berat dan senantiasa selalu berusaha menjernihkan pikiran negatif yang membuat stress.

  1. Mencerdaskan Otak

Manfaat mengamalkan puasa berikutnya ialah dapat membuat otak Anda menjadi lebih cerdas.

Berpuasa menjadi salah satu cara terbaik untuk mengasah otak.

Orang yang sering menjalankan puasa, dia pasti akan terbiasa untuk mengontrol diri dari segala hal.

Tentu otak Anda yang dipakai untuk berfikir & mengontrol segala tingkah kita.

Dan dengan demikian, Anda akan bisa membiasakan diri untuk mengontrol tingkah laku dan dapat membiasakan diri untuk menjadi manusia yang mampu menangani keadaan.Berapa Hari Untuk Puasa Senin Kamis. Bacaan Niat Puasa Senin & Kamis. Manfaat Keutamaan Doa Tata Cara Puasa senin Kamis

  1. Dapat Menurunkan Risiko Serangan Jantung

Sebuah penelitian menerangkan , rajin menjalankan puasa sunnah dapat menurunkan risiko serangan jantung.

Tekanan darah sistolik dapat mengurangi tekanan pada arteri yang sekaligus mengurangi resiko serangan jantung.

  1. Menurunkan Racun DiDalam Tubuh Kita

Menjalankan ibadah puasa  juga dapat menjadi pelindung untuk tubuh kita dari segala penyakit, terutama penyakit berasal dari makanan.

Sudah banyak dokter menyebutkan bahwa orang yang merutinkan menjalankan puasa bisa mengurangi masuknya racun ke dalam perut kita yang terbawa dari makanan.

Itulah manfaat melaksanakan ibadah  puasa dan keutamaan pahala yang akan diperoleh bagi orang yang rutin mengamalkan ibadah puasa Senin Kamis.

Setelah mengetahui banyak manfaat diperoleh, kita akan semakin semangat kan untuk mendekatkan diri kepada Allah salah satunya dengan beribadah berpuasa Senin Kamis. 

Jazakallahu Khairan, terima kasih telah mengunjungi web kami di ummatanwasatan.net, Berapa Hari Untuk Puasa Senin Kamis.