Categories
Sholat Witir

Bacaan Dan Niat Shalat Witir

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, Jazakallahu Khair, terima kasih telah berkunjung ke halaman website resmi kami di http://ummatanwasatan.net, Bacaan Dan Niat Shalat Witir.

Tata, Niat Dan Doa Shalat Witir. Bacaan Dan Niat Shalat Witir

Bacaan Dan Niat Shalat Witir.  Cara Niat & Doa sesudah Sholat Witir. Cara Pelaksanaan Shalat Witir. Niat Shalat Witir. Doa Sholat Witir

Shalat witir merupakan Shalat sunnah yang dilakukan pada malam hari, tepatnya setelah melaksanakan Shalat Isya’ atau setelah Shalat Tahajud & dilaksanakan dengan jumlah rakaat ganjil.

Namun pada saat bulan Ramadhan, shalat witir dilaksanakan setelah shalat sunnah tarawih.

Asal usul pemberian nama shalat witir diambil dari hadits Rasulullah yang diriwayatkan Abdullah bin Umar didalam Hadits Riwayat Bukhari.

Ibnu Umar mengatakan, sungguh ada seorang laki-laki yang bertanya kepada Nabi Muhammad terkait tata cara shalat malam.

Kemudian Nabi Muhammad SAW menjawab, dua rakaat-dua rakaat, dan jika telah mendekati waktu shalat subuh maka mengganjilkan dengan solat satu rakaat.

Penggunaan nama witir berasal dari kata Autara yang artinya ganjil. Anjuran mengamalkan solat ganjil dengan menambahkan satu rakaat ini yang kemudian menjadi sebutan atau nama solat witir.

Oleh sebab itu, Rasulullah SAW melarang umatnya untuk mengerjakan dua salat witir dalam satu malam, karena solat sunnah ini otomatis sudah tidak ganjil lagi dikarenakan tidak ditambah lagi dengan satu rakaat.

Jika demikian, Anda dibolehkan lagi menunaikan shalat witir pada tengah malam dan diamalkan setelah sholat tarawih.

Terkait shalat witir, Nabi Muhammad SAW menganjurkan untuk mengerjakan 3 rakaat.

Namun boleh juga dilaksanakan 5, tujuh rakaat, 9 atau sebelas rakaat. Rakaat yang paling sedikit adalah satu rakaat.

Tata Cara Pelaksanaan Solat Witir

Sebenarnya tata cara salat witir tidak berbeda jauh salat sunnah yang lainnya, hanya saja perbedaannya jumlah rakaatnya saja.

Tapi untuk rukun sholat lainnya sama persis.

Berikut ini tata cara pelaksanaan sholat sunnah witir.

  1. Niat Shalat Witir
  2. Takbiratul Ihram
  3. Membaca do’a iftitah
  4. Membaca surah Al Fatihah
  5. Membaca surah dalam Al-Qur’an, dianjurkan 3 surat sekaligus yakni Al Falaq, Al Ikhlas, dan An Nas
  6. Ruku’ dengan tuma’ninah
  7. I’tidal
  8. Sujud
  9. Duduk diantara dua sujud dengan tuma’ninah
  10. Sujud kedua dengan tuma’ninah
  11. Tasyahhud akhir
  12. Salam.

Cara di atas ialah panduan untuk pelaksanaansholat satu rakaat. Sementara untuk sholat 3 rakaat dapat dilakukan dengan 2 rakaat salam kemudian dilanjutkan lagi dari awal untuk 1 rakaat.

Niat Sholat Witir

Berbeda dengan niat sholat sunnah lain yang cuma ada 1 niat , untuk solat Witir ada dua macam niat yaitu niat sholat satu rakaat dan niat sholat 2 rakaat.

  1. Niat Shalat Witir Dengan 2 Rakaat

Usholli sunnatan minal witri rakaataini lillahi taala

Artinya: Saya niat solat sunnah witir dua rakaat karena Allah Taala

  1. Niat Solat Witir Dengan 1 Rakaat

Usholli sunnatan minal witri rakaatan lillahi taala

Artinya: Saya niat sholat sunnah witir satu rakaat karena Allah Taala.

Niat sholat di atas dapat dibacakan sesuai dengan jumlah rakaat yang akan dikerjakan.

Doa Salat Witir

Setelah melakukan sholat hingga salam, diteruskan lagi dengan dzikir dan membaca do’a salat witir. Berikut adalah bacaan solat sunnah witir.

اَللّٰهُمَّ إِنَّا نَسْـأَلُكَ اِيْمَانًا دَائِمًا، وَنَسْأَلُكَ قَلْبًا خَاشِعًا، وَنَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا،وَنَسْأَلُكَ يَقِيْنًا صَادِقًا، وَنَسْأَلُكَ عَمَلاً صَالِحًا، وَنَسْأَلُكَ دِيْنًاقَيِّمًا، وَنَسْأَلُكَ خَيْرًا كَثِيْرًا، وَنَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ، وَنَسْأَلُكَ تَمَامَ الْعَافِيَةِ، وَنَسْأَلُكَ الشُّكْرَ عَلَى الْعَافِيَةِ، وَنَسْأَلُكَ الْغِنَاءَ عَنِ النَّاسِ

اَللّٰهُمَّ رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا صَلاَتَنَا وَصِيَامَنَا وَقِيَامَنَا وَتَخُشُّعَنَا وَتَضَرُّعَنَا وَتَعَبُّدَنَا وَتَمِّمْ تَقْصِيْرَنَا يَا اَللهُ يَااَللهُ يَااَللهُ يَااَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ. وَصَلَّى اللهُ عَلَى خَيْرِ خَلْقِهِ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ، وَالْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Artinya: “Wahai Allah. Sesungguhnya kami memohon kepada-Mu iman yang tetap, kami memohon kepada-Mu hati yang khusyu’, kami memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, kami memohon kepada-Mu keyakinan yang benar, kami memohon kepada-Mu amal yang shaleh, kami memohon kepada-Mu agama yang lurus, kami memohon kepada-Mu kebaikan yang banyak, kami memohon kepada-Mu ampunan dan afiat, kami memohon kepada-Mu kesehatan yang sempurna, kami memohon kepada-Mu syukur atas kesehatan, dan kami memohon kepada-Mu terkaya dari semua manusia.”

 “Wahai Allah, Tuhan kami. Terimalah dari kami shalat kami, puasa kami, shalat malam kami, kekhusyu’an kami, kerendahan hati kami, ibadah kami. Sempurnakanlah kelalaian atau kekurangan kami, Wahai Allah Wahai Allah Wahai Allah Wahai Dzat yang Paling Penyayang diantara para penyayang. Semoga rahmat Allah tercurahkan kepada sebaik-baiknya makhluk-Nya, Muhammad, keluarga dan sahabatnya semua, dan segala puji milik Allah, Tuhan semesta alam.”

Terima kasih telah berkunjung ke halaman website kami di http://ummatanwasatan.net Bacaan Dan Niat Shalat Witir.